Jumat, 22 Agustus 2014

TULANG RUSUK

Dada ini longar bila tanpa penyangga, dada ini akan terasa terhimpit bila tulang yang ada tak mampu mempu menopang desah nafas. Itulah tulang rusuk, tulang rusuk suami ada pada istri dan istri sebagai penopang kehidupan suami. Tak lantas beramarah bila rusuk itu kemudian susah untuk diluruskan, dan tak harus jenggah bila suami tak jua segera meluruskan. Yang dibutuhkan adalah pengertian, kesabaran dan saling memberi waktu untuk mengerti. Itulah hakikat cinta sejati pasangan suami-istri.

Karena Kamu Tulang Rusukku ..

Sebuah senja yang sempurna, sepotong donat, dan lagu cinta yang lembut. Adakah yang lebih indah dari itu, bagi sepasang manusia yang memadu kasih? Raka dan Dara duduk di punggung senja itu, berpotong percakapan lewat, beratus tawa timpas, lalu Dara pun memulai meminta kepastian. ya, tentang cinta.

Dara : Siapa yang paling kamu cintai di dunia ini?
Raka : Kamu dong?
Dara : Menurut kamu, aku ini siapa?
Raka : (Berpikir sejenak, lalu menatap Dara dengan pasti) Kamu tulang rusukku! Ada tertulis, Tuhan melihat bahwa Adam kesepian. Saat Adam tidur, Tuhan mengambil rusuk dari Adam dan menciptakan Hawa. Semua pria mencari tulang rusuknya yang hilang dan saat menemukan wanita untuknya, tidak lagi merasakan sakit di hati.”
Setelah menikah, Dara dan Raka mengalami masa yang indah dan manis untuk sesaat. Setelah itu, pasangan muda ini mulai tenggelam dalam kesibukan masing-masing dan kepenatan hidup yang kain mendera. Hidup mereka menjadi membosankan. Kenyataan hidup yang kejam membuat mereka mulai menyisihkan impian dan cinta satu sama lain. Mereka mulai bertengkar dan pertengkaran itu mulai menjadi semakin panas. Pada suatu hari, pada akhir sebuah pertengkaran, Dara lari keluar rumah. Saat tiba di seberang jalan, dia berteriak,
“Kamu nggak cinta lagi sama aku!” Raka sangat membenci ketidakdewasaan Dara dan secara spontan balik berteriak,
“Aku menyesal kita menikah! Kamu ternyata bukan tulang rusukku!” Tiba-tiba Dara menjadi terdiam ,
Berdiri terpaku untuk beberapa saat. Matanya basah. Ia menatap Raka, seakan tak percaya pada apa yang telah dia dengar. Raka menyesal akan apa yang sudah dia ucapkan. Tetapi seperti air yang telah tertumpah, ucapan itu tidak mungkin untuk diambil kembali. Dengan berlinang air mata, Dara kembali ke rumah dan mengambil barang-barangnya, bertekad untuk berpisah. “Kalau aku bukan tulang rusukmu, biarkan aku pergi. Biarkan kita berpisah dan mencari pasangan sejati masing-masing.”

Lima tahun berlalu. Raka tidak menikah lagi, tetapi berusaha mencari tahu akan kehidupan Dara. Dara pernah ke luar negeri, menikah dengan orang asing, bercerai, dan kini kembali ke kota semula. Dan Raka yang tahu semua informasi tentang Dara, merasa kecewa, karena dia tak pernah diberi kesempatan untuk kembali, Dara tak menunggunya. Dan di tengah malam yang sunyi, saat Raka meminum kopinya, ia merasakan ada yang sakit di dadanya. Tapi dia tidak sanggup mengakui bahwa dia merindukan Dara. Suatu hari, mereka akhirnya kembali bertemu. Di airport, di tempat ketika banyak terjadi pertemuan dan perpisahan, mereka dipisahkan hanya oleh sebuah dinding pembatas, mata mereka tak saling mau lepas.

Raka : Apa kabar?
Dara : Baik… ngg.., apakah kamu sudah menemukan rusukmu yang hilang?
Raka : Belum.
Dara : Aku terbang ke New York dengan penerbangan berikut.
Raka : Aku akan kembali 2 minggu lagi. Telpon aku kalau kamu sempat. Kamu tahu nomor telepon kita, belum ada yang berubah. Tidak akan ada yang berubah.
Dara tersenyum manis, lalu berlalu.
“Good bye….”

Seminggu kemudian, Raka mendengar bahwa Dara mengalami kecelakaan, mati. Malam itu, sekali lagi, Raka mereguk kopinya dan kembali merasakan sakit di dadanya. Akhirnya dia sadar bahwa sakit itu adalah karena Dara, tulang rusuknya sendiri, yang telah dengan bodohnya dia patahkan.

“Kita melampiaskan 99% kemarahan justru kepada orang yang paling kita cintai. Dan akibatnya seringkali adalah fatal”

Rabu, 04 Juni 2014

Kesetiaan yang Benar

Kesetiaan yang Benar

Apakah kita sudah memiliki kesetiaan terhadapan pasangan dengan benar? Kesetiaan itu bukan hanya diukur dari rasa cinta, namun ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam menjalin sebuah hubungan.

Waktu. Banyak pasangan yang tidak bisa mempertahankan hubungannya karena waktu. Ada saat-saat di mana kedua pasangan itu tidak selalu bersama karena berbagai macam kesibukan. Seberapa lama cinta itu dapat bertahan dalam keadaan yang demikian?

Jarak. Hubungan yang terpisahkan oleh jarak, membuat masing-masing pribadi menjadi kesepian dan itu menjadi pemicu perpisahan di antara keduanya. Cinta seringkali tidak berada di dekatnya saat dibutuhkan.

Kondisi. Banyak orang yang mengejar cinta karena apa yang dia miliki. Terkadang harta merupakan faktor utama ketika seseorang akan mencari cinta. Dan ketika kondisi berubah menjadi buruk, maka cinta itu akan pergi menjauh.

Ketika kita memutuskan untuk mencintai orang lain dan menerimanya, maka jangan pernah berpegang pada waktu, jarak dan kondisi yang ada karena semua itu dapat berubah tanpa kita inginkan.

Landaskanlah cintamu dengan kasih, karena kasih itu tidak pernah bisa dipengaruhi oleh ketiga hal tersebut. Saat kita mengasihi seseorang dengan sungguh-sungguh maka kesetiaan itu akan timbul dengan sendirinya karena kasih itu tidak pernah melukai seseorang.

Kasih juga akan mampu menerima segala keadaan yang ada dan kasih tidak akan pernah pergi meninggalkan pasangannya disaat terpuruk. Maka cintailah pasangan kita dengan kasih, sama seperti Yesus yang selalu mencintai kita dengan kasih-Nya yang sempurna.

Sifat yang diinginkan pada seseorang ialah kesetiaannya; lebih baik orang miskin dari pada seorang pembohong. Amsal 19:22



Godbless:)


Rabu, 28 Mei 2014

Waktu kecilku dulu

Kira-kira tahun 2010 yang lalu, aku berberat hati untuk meninggalkan rumah lama ku untuk menempati rumah baruku. akan tetapi itu sudah menjadi kesepakatan kedua orang tua ku untuk pindah. rumah itu terlalu banyak kenangan untuk aku dan keluarga ku. lingkungannya tidak seperti lingkungan rumah mewah dan berkomplek. tetapi perkampungan dan di lingkungannya yang akan selalu ramai tiap pagi dan sorenya.

Sebenernya apa yang membuatku cinta terhadap rumah lamaku itu? hmm banyak sekali. terutama mengenai mendiang opung boru dari mama ku. kami, aku, adikku dan opung sewaktu kecil sering kali bermain di sungai. mandi di sungai dan jalan-jalan di sekitar perkampungan. menangkap ikan-ikan kecil atau katak yang masih bayi yang biasa kita sebut dengan buyur. aku senang sekali menangkap binatang kecil itu. dan aku beserta teman-teman sekampung ku itu suka jalan-jalan keliling di persawahan yang tiap sore. jalan-jalan di bebecekan tanpa mengenakan sendal sedikit pun. hahaha masa kecilku sangat indah sekali. bebas. dan belum mengenal masalah sama sekali. walaupun masa kecilku tidak seperti masa kecil jaman sekarang yang sebagian besar telah menggunakan gadget yang canggih. dan bermain di tempat yang bisa dibilang elite. tapi menurutku masa kecil yang indah itu, masa kecil yang seperti masa kecilku dulu. bermain sepeda, keliling kampung, jogging, main hujan-hujanan, menangkap ikan di sungai, keliling persawahan, main lumpur, duduk-duduk di saung (rumah kayu yang berada di tengah sawah), menangkap bekicot, dll.

Setiap pulang sekolah dulu, aku malah kabur keluar rumah bersama teman-teman. yang tidak mengenal panas hahaha. sampai-sampai aku diomelin mama karna tidak tidur siang. bermain sepeda, bermain engkle, bermain masak-masakan yang pake bermacam-macam tanah biar mirip seperti bumbu dapur., bermain badminton, bermain karet hahaha kotor-kotoran tapi itu sangat menarik.

Sebenernya tidak ada hal yang tidak bisa dilakukan oleh kita pas disaat waktu kecil dulu. itu semua bisa kita lakukan. see, kalo aku disuruh milih untuk pergi ke mall atau bermain lumpur , bermain yang penuh dgn tantangan dan berhubungan dengan alam, aku pasti akan memilih bermain lumpur, bermain penuh tantangan dan berhubungan dengan alam. itu sangat teramat menarik bagiku hehehe..


ah.. pokonya masa kecilku dulu itu tak akan tergantikan:)

Senin, 07 April 2014

Ada yg pernah ngalamin seperti ini?

Entah mengapa terkadang hati dan pikiran kita tidak bisa bersahabat. contohnya saja ketika aku sudah mulai lebih mengandalkan otakku tanpa harus berpikir panjang pasti akan rumit nantinya. dan entah mengapa aku sulit sekali untuk melepaskan sesuatu yang telah membuatku nyaman. Iya, aku tidak bisa bahkan tidak sanggup untuk pergi menghilang dari dirinya. bahkan sekalipun emosi ku memuncak saat itu. aku berusaha untuk lebih berpikir 100x lalu bertindak. aku tidak mau kehilangan suatu hal yang telah membuatku bahagia. iya aku tidak mau. emosi sesaat ku bilang dan mewajibkan untuk pergi dan pergi. namun, aku mencoba tenang dan berpikir kembali. kemudian aku mengucap sebuah kalimat dalam benaku "kalau aku terus mengandalkan emosiku tanpa harus berpikir, apa harus aku mengorbankan suatu hal yang telah aku temukan dan membuatku bahagia? aku tidak boleh menyerah." masa bodo dan aku tidak peduli akan suatu hal diluar sana. karna itu hanya membuatku sakit kepala. aku yakin, kalo semua dilakukan dengan tulus, ikhlas juga bersyukur pasti semua itu akan baik-baik saja. Aku sayang dia. dan prinsipku kalau aku ingin dan sudah memutuskan suatu hal tersebut harus aku inginkan,  itu harus aku dapatkan, bagaimana pun caranya itu harus aku dapatkan dan harus terjadi. dan itu dalam bentuk hal apapun. tugas aku sekarang berpikir positif dan jalani hidup dengan positif. selalu tersenyum, bersyukur dan percaya. dan satu lagi harus tegas sama diri sendiri supaya tidak memberikan kesempatan kepada orang lain untuk menyakiti kita. Selalu berdoa dan minta petunjuk Tuhan dan semua pasti akan baik-baik saja:)


Tuhan Yesus memberkati:)

Kamis, 13 Maret 2014

Kemunafikan vs Kepalsuan..

1. Kemunafikan

Muna. iya kemunafikan itu masih ada berkeliaran. bahkan itu udah menjadi hal yang lazim di jiwa seseorang. kenapa sih harus bersikap muna? oke. awalnya gue ini orang yang tersangat munafik. tapi seiring berjalannya waktu gue jadi mikir kalo muna itu cuma bisa nyiksa diri sendiri. atau mungkin muna bisa bikin hal yang menurut lo bahagia bisa hilang gitu aja. coba deh yakinin diri lo untuk ga bersikap muna lagi. nyiksa diri lo dan lo pasti bakal emosi terus-terusan dan jadinya sensi ke semua orang. percaya deh. iya lo harus percaya karna gue udah pernah ngerasainnya HAHAHA! muna itu ngebatin. bikin diri lo kaya banyak beban gitu. pengen dibilang sok kuat atau sok tegar padahal dalem hati rapuh. tapi terkadang muna itu ada diambil sisi positifnya dikit. dikit loh. hmm apa ya? iya muna itu bisa ngelatih lo biar lo sadar kalo ga semua yang lo mau itu harus terpenuhi. itu aja sih. hahaa apaan sih gue nyambung juga kaga:p but, intinya muna itu ga baik. jangan terlalu ngebebanin diri lo dengan kemunafikan.

2. Kepalsuan

See, yang kedua adalah kepalsuan. inget kita itu hidup di dunia. jadi banyak banget hal-hal yang palsu. banyak banget deh pokoknya. lo harus berhati-hati dalam hal ini. contohnya aja banyak orang yang suka mainin perasaan orang hanya untuk kesenangannya semata. dan ketika mereka udah berhasil mainin perasaan orang, mereka ninggalin gitu aja tanpa pikir gimana sakitnya orang yang udah mereka sakiti dan dikasih rasa kepalsuan. gue ga habis pikir sama orang yang begitu. apa sih untungnya buat mereka? bisa banget kaya begitu. pait pait pait. dunia emang penuh sama kepalsuan jadi lo harus berhati-hati. atau contoh lainnya aja, orang yang bermuka dua. itu bisa juga dibilang palsu. muka domba berhati ular. gila, kita harus hati-hati banget sama orang kaya begitu. orang jenis kaya gitu masih berkeliaran loh di mana-mana. dimana aja tanpa lo sadari. bermuka topeng lah tepatnya. serem kan? pokonya lo harus berhati-hati itu aja intinya.

well, sadarkan kemunafikan sama kepalsuan itu beda-beda tipis. keduanya ya saling berhubungan dan ga jauh beda sadisnya. tapi ketika mereka muncul di kehidupan lo, pasti lo bakal punya pelajaran berharga kedepannya biar lo ga ngalamin kejadian yang sama sebelumnya. berhati-hati itu aja intinya. kita itu tinggal di bumi. banyakin aja kegiatan yang positif biar waktu lo ga terisita sia-sia. banyak-banyak bersyukur dan kurangin ngeluhnya. semua akan indah pada waktuNya kok:) spread your love, guys!



Tuhan Yesus Memberkati:)

Rabu, 12 Maret 2014

Aku dan Mereka

Ah jujur aku bukan seorang yang romantis bisa dikatakan aku ini cuek dan tertutup. ya di keluarga ku itu bisa dikatakan aku yang paling cuek dan tertutup. aku jarang sekali curhat ke mereka apa masalahku. karna aku pikir aku ga mau membuat mereka ribet karna masalahku dan biar aku sendiri saja yang menyelesaikannya. karna aku tau pasti mereka ribet sekali kalau mendengar masalah dan keluhan-keluhanku. aku cuek kepada mama papaku atau juga kepada adik-adiku. namun apabila disaat aku perhatian aku akan sangat teramat perhatian. dan mungkin orang yang aku perhatiin itu kesal saking aku terlalu perhatiannya hehehe but in deepest my heart, i am so love them. i love my family so much. mereka itu selalu ada disaat aku senang maupun sedih. Selalu.

Terkadang aku malu untuk mengucapkan "udah makan, ma?" "udah makan, pa?" atau apabila mereka sedang sakit aku malu untuk mengatakan "sakit apa, ma?" "sakit apa, pa?" "udah sembuh, ma?" "udah sembuh, pa?" bukan karena aku tidak peduli sama mereka cuma aku malu. ya seperti ini lah aku. padahal aku tuh khawatir sama mereka dan aku berdoa minta perlindungan sama Tuhan supaya mereka terus dijaga olehNya.

Tugas aku sekarang ingin membuat mereka bahagia. udah itu aja. aku menyesal sekali karna aku pernah membuat mereka sakit hati dan sampai menangis. iya itu adalah rasa penyesalanku yang akan aku rasakan seumur hidupku. tapi rasa penyesalan ini tidak ada artinya lagi disaat semuanya itu telah terjadi. yang aku lakukan hanyalah jangan pernah lagi membuat mereka menangis. karna bagaimana pun juga tidak ada cinta yang tulus selain cinta orang tua. kalian pasti akan menyesal seumur hidup apabila kalian menyakiti perasaan kedua orang tuamu. ya aku sadar itu. aku bisa merasakan betapa cintanya mereka samaku sampai mereka rela mengeluarkan air matanya untuku. hhh tapi yasudahlah yang terpenting sekarang aku ingin membuat mereka bahagia itu aja. hidup dengan rasa penyesalan itu hanya menyita waktu saja. lebih baik kita melakukan yang lebih baik lagi di kedepannya dan berjanji tidak mengulanginya lagi. betul kan? hehe oh iya dan tidak akan lupa aku mendoakan orang tua, adik-adiku, saudaraku, sahabatku dan orang yang aku sayang. iya nama-nama orang yang aku sayang akan selalu ada dalam doaku sebelum aku beranjak tidur di malam hari.

Lindungi dan jaga mereka yang selalu aku sayang ya Tuhan. terima kasih karna Kau telah menghadirkan mereka ke dalam kehidupanku. dan terus ada di kehidupanku ya. Aku sayang mereka:)


Tuhan Yesus memberkati:)

Senin, 10 Maret 2014

Hmmm

Gue cuek. iya gue itu tipe wanita yang amat cuek banget. cuek sama orang lain yang baru gue kenal. apalagi kalo orang itu sok SKSD alias sok kenal sok dekat. itu bakal gue cap sebagai annoyer alis orang paling menyebalkan. tapi satu kelemahan gue ketika gue sudah mulai nyaman dengan seseorang entah mengapa oh mengapa gue ga bisa bersikap cuek lagi. walaupun terkadang gue itu mempunyai gensi yang berlebihan tapi kalau gue mempunyai perasaan khusus sama seseorang gengsi itu sebisa mungkin gue hilangkan walaupun terkadang masih suka sedikit-dikit. yah belajar dari pengalaman dulu lah hhehee. kali ini kalo gue anggap itu berharga banget buat hidup gue, gue bakal berusaha dapetin itu. gimana pun caranya. kalau Tuhan berkehendak loh hehehe..

Dan yang paling paling bikin gemes, ketika seseorang itu udah bisa dibilang separoh nyuri hati gue ehh nyuri hahaha. ya begitulah istilahnya. iya ketika seseorang itu udah berhasil nyuri hati gue yang tadinya gue cuek abis, eh malah doi yang mulai ketauan sikap cueknya -_- itu tuh yang bikin gemessss *apacoba hahaha. sebenernya bukannya cuek tapi gue nya yang berle alias berlebihan alias lebay haha. ya begitulah gue disaat gue udah care bgt sama seseorang gue pasti bakal care bangeeet. apalagi kalo orang itu bisa bikin gue jatuh cinta? beuuuuuuh gatau deh hehehhee

awalnya gue walaupun udah punya rasa sama seseorang gue cuek banget loh. terlalu mentingan eh mentingin ego dan gengsi. tapi lama kelamaan gue jadi sadar "kalau lu pengen mau dapetin suatu hal sampe hal itu bener-bener jadi milik lu buang dulu lah gengsi, cuek sama ego lu itu. atau engga lu bakal kehilangan suatu hal itu!" oh maygaaaat no! gue gamau kehilangan suatu hal yang berharga buat hidup gue. suatu hal yang bisa bikin lu bahagia. tapi satu hal lagi "tapi sebelum itu pikirin baik-baik. apa dia berhak dapetin perhatian lu? apa dia pantas buat jadi seseorang di kehidupan lu? apa dia pantes suatu saat nanti dapetin tangis dan bahagia lu? apa dia pantes bikin lu bahagia? apa dia mau ada bersama lu dalam keadaan apapun dan rela nyenderin pundaknya apabila lu lagi seneng dan sedih? apa dia udah bikin lu ketawa dan bahagia? ' nah kalo emang jawabannya udah dan pernah, tunggu apaan lagi? ya ayo dapetin dia. seperti kata Endah n Rhesa "when you love someone just be brave to say that you want him/her to be with you. when you hold your love dont ever let it go, or you lose your chance to make your dreams comes true" :)


Tuhan Yesus Memberkati :)

Kamis, 06 Maret 2014

Cerita Fanny

"eh kenapa sih lu marah-marah mulu" kataku perlahan sambil melihat Fanny marah-marah dan gerutuk ga jelas. hmm iya setelah aku perhatiin memang kisah cinta Fanny itu lagi dialami masa-masa menyulitkan. entah dirinya sendiri yang bikin sulit atau memang dari sana nya udah sulit. tapi aku pikir toh dia yang sudah memilih itu kenapa harus diambil pusing yah? aku juga bingung.

"Gue bete sama si Joe!" gerutu Fanny lagi. hah? bete? kenapa? yang aku tau kalo orang yang baru aja jadian itu pasti bagaikan telur ayam yang masih anget-angetnya. tapi kok ini aneh? Fanny malah sering mengalami bete, kesal dan lain-lain. apa ada yang salah dengan si cowok? atau mungkin ada yang salah juga dengan si cewek? nah ini bagian yang paling menyebalkan, semua orang galau karna cinta. dan mendengarkan orang yang sedang galau karna cowok atau cewek juga hal yang menyebalkan bagiku. 

"kenapa sih? lu kan baru aja jadian sama dia. mestinya lu lagi mesra-mesranya tuh sama doi. bukannya malah galau begini" ucapku yg seakan-akan memberi respon atas omelan nya Fanny. Fanny pun tetap saja ngomel-ngomel ga jelas. ga ada titik dan koma atas omelannya tersebut. aku pun berusaha mencerna dan ikut mengerti apa yang telah dirasakan oleh Fanny.

"Bunga, ga tau kenapa makin kesini kok gue jadi gimana gitu sama Joe.." Ucap Fanny. nah kan? gimana gitu bagaimana? aku jadi semakin bingung dan berusaha untuk menanyakan kembali lebih jelasnya.

"gimana gitu gimana sih, Fan? ah elu malah bikin gue tambah puyeng. apa masalah lu? yang gue tau si Joe itu baik loh" Jawabku yang berusaha memberi pendapat tentang Joe. yang menurut ku sih Joe itu baik dan sangat sayang dengan Fanny. itu menurut ku sejauh ini sih.

"iya dia itu terlalu over." jawabnya singkat.

"over? over kenapa? dia emang ngelarang lu kesana kesini? atau dia ngelarang lu untuk ngelakuin suatu hal tanpa ijin dia gitu?"

"Engga sih.. tapi dia itu kalo nanya terlalu detail dan ga masuk akal. yang menurut gue itu pertanyaan ga berguna banget untuk ditanyain" kata Fanny yang seakan membuat ku kaget sedikit. itu bukan over namanya. aku kira over yang dimaksudkan Fanny itu kalau Joe banyak melarang Fanny untuk berbuat ini dan itu. 

"astaga itu bukannya over. itu tandanya perhatian. dia perhatian sama lu, Fan. lu nya aja yang terlalu lebay. walaupun pertanyaannya begitu, dia mau tau keadaan lu gimana disini." kataku memberi saran kepada Fanny. ya mungkin aku dan Fanny itu beda tipe. tapi aku berusaha memberi saran kepada Fanny. ya tapi tetap keputusannya ada di tangannya.

"trus lu kenapa awalnya mau terima dia?" tanyaku kembali

"ya kan awalnya gue emang suka sama dia. dan ga tau kalo tiba-tiba jadi kaya begini" Jawab Fanny yang kembali membuatku kaget. kalau aku jadi dia, aku harus mengenal lebih jauh sosok seorang itu sebelum dia jadi pacar aku. biar nanti pas sudah berhubungan aku jadi lebih tau sifat-sifatnya. ya tapi aku kembali berpikir tetap saja ini yang memilih Fanny bukan aku.

"lu ga boleh begitu. saran gue mending lu putusin aja dia. dari pada lu jadian sama dia tapi lu nya malah begini. jadinya serba salah. karma itu berlaku. lu mau nanti suatu saat kalo lu udah sayang banget sama seseorang, nanti orang itu bakal ngelakuin hal yang sama yang lu lakuin sekarang? apalagi kalau dia tau kalo lu pernah jalan sama mantan lu dan masih berhubungan sampe sekarang. apalagi kata lu kalo mantan lu sampe bilang-bilang ke si Joe karna lu punya perasaan yg gimana gitu sama Joe akibat lu yg masih curhat-curhatan sama mantan lu. dan coba lu pikir lagi, saat Joe tau itu apa dia marah? ga kan? dia ga mau marah karna dia takut kehilangan lu walaupun cuma gretak-gretak aja tadi kan? dan satu lagi, lu jangan ladenin mantan lu deh. kalo udah jadi milik orang lain coba fokus sama yang sekarang. padahal lu bilang kalau udah ga mau balikan lagi tp lu masih ngerespon dia. tar yg ada dia malah berharap banyak dari lu. gausah cari perhatian sama mantan deh. yaudahlah lu sendiri yang nanggung" ucapku panjang lebar. iya yang aku masih heran entah kenapa Fanny masih berhubungan sama mantannya. padahal dia sudah jadi milik Joe. dan yang salutnya itu Joe ga marah sama Fanny. kalau aku ada di posisi Joe, mungkin rambut ku sudah terbakar saking emosinya hehe lebay yaaa. tapi ini serius loh.

"iya iya gue tau. ini salah gue. yg tadinya gue mau putusin dia jadi gajadi karna dia ga mau marah gue tau berhubungan sama Rey. yaudahlah liat aja nanti kedepannya gimana. gue pusing. sebenernya gue gamau pacaran dulu, mau fokus kuliah" jawab Fanny yang terlihat cuek. Fanny emang cuek tapi sebenernya dia baik loh. aku pun aku menggeleng-gelengkan kepala dan kembali tertawa bersama Fanny.

Intinya, jaga baik-baik orang yang sangat sayang sama kamu. jangan sia-sia kan dia. kalau memang tidak suka ya cepat tinggalkan. atau kamu belajar mengerti dia. kecuali kalau memang dia jahat sama kamu ya kamu wajar berbuat seperti itu. jangan sampai kamu merasakan kembali apa yang telah kamu tuai itu loh. belajar lebih dalam lagi mengenal sifat-sifat seseorang biar nanti pas berhubungan ga ada masalah kaya bocah seperti itu. inget pacaran itu untuk bahagia kan? jangan menyiksa diri sendiri dengan tingkahmu sendiri. bahayaaaa okeeeee. semangaaattttt:)))

Tuhan Yesus memberkati :)

Senin, 24 Februari 2014

Spread your love

Cinta?

Iya terkadang cinta memang rumit. eh tidak. cinta itu sebenarnya tidak rumit. cinta itu simpel. hanya manusianya saja yang membuat sehingga cinta itu terkesan rumit. Kalau saja aku bertanya "Apa sih cinta itu?" banyak orang yang mengatakan "Cinta itu indah", "Cinta itu memberi kita hidup". tetapi terkadang ada juga orang yang mengatakan "Cinta itu menyakitkan". Ahh, jujur aku saja malas kalau harus membicarakan hal yang mengenai cinta itu. Bagi seseorang yang baru saja mengalami pertama kali rasanya jatuh cinta ataupun bagi seseorang yang baru saja mengalami cinta setelah mereka disakiti pasti terkesan cinta itu indah. Ibarat seperti telur ayam yang baru saja keluar dari induknya.

kali ini aku terpikir untuk menulis mengenai satu kata yang sudah tidak asing lagi kita dengar. Aku sering sekali melihat di media sosial banyak sekali orang-orang baik pria atau wanita yang mempermasalahkan mengenai cinta itu. kadang aku berpikir "Kenapa sih? Kenapa mereka selalu menyiksa diri?". ada diantara mereka yang cintanya tak terbalaskan atau pun mengejar orang yang sudah jelas orang tersebut tidak mempunyai rasa yang sama seperti mereka. Kenapa harus menyakiti diri? Syarat untuk mencintai itu cuma satu. "Cintai diri kita sendiri baru bisa belajar mencintai orang lain". kenapa harus bersikeras untuk memperebutkan seseorang yang jelas-jelas orang tersebut bukan milik kita. Sayang sekali. Coba lihat diluar sana. Mungkin banyak sosok seseorang yang belum kalian kenal yang mungkin bisa dibilang "Dia itu jodoh kamu". Kenali dan kenali sosok seseorang itu. Karna kita memilih pasangan hidup untuk seumur hidup sampai maut memisahkannya. akan tetapi lebih bahagianya kita apabila kita merasakan jatuh cinta kepada seseorang dan seseorang tersebut pun mempunyai rasa yang sama dengan kita. coba mulai sekarang jangan terlalu rumit mengenai cinta. "Jika kamu merasa disakiti segara tinggalkan, tapi apabila kamu nyaman perjuangkan!" Simpel bukan? Mulai sekarang lepaskan semua yang membuatmu menyakitkan yah! dan pertahankan yang bisa membuatmu bahagia. Ingat! jangan menyiksa diri :)

Apa sih aku ini? Aku terkadang tertawa saat aku menuliskan seperti kata-kata diatas. Aku kemudian bercermin. Lalu apa yg aku rasakan saat ini? Aku pun tertawa dalam hati. Aku malas sekali sebenarnya kalau harus merasakan jatuh cinta lagi. akan tetapi kita tidak bisa menghindari cinta itu datang.kata banyak orang cinta baru itu lebih bahagia dibandingkan cinta lama. lagi-lagi aku mengatakan hal ini. Jujur aku merupakan tipe wanita yang tidak suka membicarakan hal ini di media. terkesan sangat berlebihan. tapi apa boleh buat ini semua telah aku alami saat ini. Aku juga merupakan tipe wanita yang sangat tidak suka berkenalan dengan orang baru. dan terkesan orang baru itu sangat annoying. tapi kali ini aku jujur aku tidak bisa menghindarinya. Tetapi disaat aku telah mengenal sosok seseorang dan dia berhasil membuat aku nyaman, aku tidak akan menyia-nyiakannya apalagi kalau dia berhasil membuatku jatuh cinta kepadanya tak akan kulepas. Iya. Aku ini tipe wanita yang apabila sudah terlanjur cinta dengan seseorang akan tidak mudah untuk melepaskan. eh akan tetapi dengan satu syarat, kita mencintai tapi ketika kita menjalani hubungan tersebut lebih banyak kita merasakan sakit? apa itu cinta? tidak dan yang pasti cinta itu akan pudar seiring dengan rasa sakit yang diberi. Karna menurutku itu cinta itu untuk bahagia bersama bukan untuk saling menyakiti satu sama lain. dan aku sadar, ternyata cemburu itu bukan tanda rasa sayang. mana ada rasa sayang itu menyakiti? cemburu itu menyakitkan bukan? yang aku tau itu cinta itu tidak iri. jadi jangan bilang kalau cemburu itu tanda cinta. cemburu itu tanda minder dan terlalu takut akan kehilangan sehingga pikiran kita terus dikendalikan oleh pikiran-pikiran negatif yang sangat tidak jelas.Aku belajar dan berusaha untuk menjadi dewasa. meninggalkan sifat-sifat burukku dulu.

Tuhan mengijinkan kita untuk bertemu dengan orang-orang supaya kita akhirnya bisa menemukan sosok seseorang yang benar-benar tepat. Tak usah ragu serahkan semua itu kepada-Nya. dan apabila kalian sudah menemukan sosok itu ayo pertahankan dan buat cinta itu indah :) yang penting kuncinya: Saling percaya, saling jujur dan juga komunikasi. dan kalau kalian pikir sosok itu menyakitkan segera tinggalkan :) Oke. aku rasa segini dulu ya yang mau aku tulis hehehe have a nice day. Spread your love! :)))

Senin, 17 Februari 2014

Blackroses

Berubah. iya semuanya menjadi berubah sangat drastis. entah mengapa aku merasakan perubahan itu. rindu. rindu sekali ingin berkumpul dan bencengkrama dengan mereka. iya mereka. mereka adalah sahabat seperjuanganku dulu pas kuliah. mereka slalu ada buatku dikala suka maupun duka. kita selalu bersama seakan tak ada yang bisa memisahkan kita. ke kampus, jalan bersama, nonton bersama bahkan tidur pun kita bersama. sepertinya ga ada yang bisa membuat kita terpisah.

kita saling bertukar cerita. bahkan walaupun sampai salah satu dari kami ada yang menangis dalam mencurahkan isi hatinya kamu pun selalu berada disamping dan tak akan pergi. saling memberi masukan dan solusi satu sama lain. pokoknya semuanya itu terasa indah saat ini. tidak kerasa 3 tahun kita lalui bersama di masa perkuliahan pun terasa seperti 3 hari.

disaat aku sedang gundah pun mereka dapat memberikan masukan-masukan. namun terkadang aku selalu membantah dan akhirnya aku merasa menyesal sendiri karna aku pernah tidak perdulikan nasihat mereka. oh Tuhan andai saja aku bisa kembali ke masa itu, kembali bersama dengan mereka. menggila bersama dan menangis bersama.

awalnya aku yang sangat pendiam ini mengira bahwa aku tidak akan bisa bergaul dengan mereka pada awal aku menempati kosan baruku. namun, ternyata aku salah. aku begitu cepat kenal dengan mereka. kenal mereka luar dan dalam. kita sudah seperti keluarga. menginap di rumah mereka pun aku pernah dan kami menjalani itu dengan bahagia.

akan tetapi aku sadari semua itu telah berubah. ya berubah dan kuncinya itu ada di aku. tetapi itu semua ada alasannya. aku ingin sekali memberi tahu apa alasannya dan mengapa. karna kejadian itu aku hampir saja kehilangan mereka dan aku tidak ingin kehilangan mereka sama sekali. andai nanti ada suatu kesempatan aku ingin menceritakan semuanya kepada mereka. rindu bertukar pikiran dengan mereka dan bersama-sama lagi seperti dulu. aku janji setelah aku menceritakan itu semua, tidak akan lagi kejadian buruk itu terjadi. aku rindu. aku rindu Blackroses :)


Kamis, 13 Februari 2014

Mengapa rindu itu ada?


Pagi hari Bunga sesampainya di kantor Bunga langsung menyeduh satu teh manis hangat di Pantry kantornya. ya setiap pagi hari memang sudah kebiasaan Bunga untuk menyeduh teh manis hangat karena suasana kantor Bunga yang dingin dan juga sangat cocok untuk di pagi hari. Bunga pun duduk diam di ruangannya seakan bingung apa yang harus dia kerjakan. suasana pagi hari di kantor sangatlah sepi.

Bunga termenung dan sesekali melihat status atau personal message blackberry messanger-nya itu. walaupun tadi pagi dia sudah berkomunikasi dengan seorang pria yang saat ini sedang dekat dengannya sebut saja Alex. iya walaupun pagi hari sebelum berangkat ke kantor dia sudah BBM-an dengan Alex, namun entah mengapa apabila satu jam bahkan satu menit pun tanpa BBM dia rasanya itu hampa. ingin sekali setiap detik muncul nama Alex dia pesan BBM-nya.

Hmmm Bunga pun terus melanjutkan lamunannya. sesekali dia mengotak-atik laptopnya tapi entah mengapa pikirannya ga terfokus oleh apa yg dia kerjakan saat itu. Iya pikirannya selalu tertuju pada Alex. Suaranya. Iya suaranya yang khas yang hingga membuat rasa rindu yang sangat mendalam pada Alex. Walaupun bisa dikatakan setiap malam mereka selalu berkomunikasi lewat telefon. tetepi itu tidak membuat rasa rindu Bunga kepada Alex terhenti. karna keesokan harinya suara Alex masih terngiang-ngiang di telinga Bunga dan itu yang membuat rasa rindu itu pun ada. 

Kembali Bunga dengan lamunannya. Dia sesekali lagi melihat personal message pada BBMnya itu. hmmm perasaan Bunga menjadi tidak karuan. Bagaimana caranya untuk mengobati sedikit saja rindunya itu? yap! Dia kemudian ingat. Dia kembali membuka ponselnya dan mendengarkan kembali semua Voice Note yang diberikan oleh Alex. Dia dengar secara keseluruhan. Terlihat senyum tipis kecil Bunga saat mendengar Voice Note tersebut. "kangen..kangen..kangen.." gerutu Bunga dalam hati. Kalau bisa dia ingin sekali berteriak di kuping Alex dan merasakan betapa rindunya Bunga kepada Alex. 

Huhhhh. Bunga kembali mengotak-atik laptopnya. sudah agak sedikit terobati rasa rindunya dengan mendengarkan suara Alex walaupun hanya dengan mendengarkan kembali Voice Note dari Alex. Rindu dengan tawanya yang khas, teriakannya, canda jahilnya yg khas dan juga lembut lantunan suaranya. Ahhh rasanya Bunga tidak sabar untuk segera malam datang. karna saat malam itu Bunga bisa mendengarkan itu semua langsung dari Alex. walaupun terkadang ada satu malam mereka tidak berkomunikasi telefon, tapi bisa sedikit terobati dengan mendengarkan Voice Note dari Alex.

Sore harinya karna rasa rindu Bunga yang telah menggebu-gebu yang seharian ini dia rasakan, akhirnya suara BBM Bunga pun muncul dari Alex. Bunga segera membalas dan beranikan diri untuk bilang "kangeeeen.." ahh rasanya lega sekali apabila kita meluapkan semua apa yang kita rasakan saat itu. kemudian betapa senangnya Bunga karna Alex mempunyai rasa kangen yang sama dengannya. andai aja Alex bisa membaca pikiran Bunga kalau Bunga itu rindu akan mendengar suaranya dan satu lagi rindu sekali untuk bertemu.

Iya. itulah yang telah menjadi kebiasaan Bunga saat dia rindu akan Alex. senyum tipis kecil pun muncul dari raut wajah Bunga. Semoga saja Alex adalah sosok pria yang telah menjadi jawaban doa Bunga selama ini.

Selasa, 11 Februari 2014

Short Story Behind The Scene



Dikamar  Bunga terdiam dan termenung. Termenung akan segala pahit dan kelamnya masa lalunya. Dan sampai dia sadari dan mempunyai  penyesalan yang sangat mendalam bukan karena putus cinta tapi karna Bunga sudah membuat kedua orang tua menangis. Dia selalu bertengkar dengan kedua orang tuanya. Jarak antara anak dan orang tua pun semakin menjauh. Karna apa? Karna Bunga sudah termakan cinta buta. Walaupun memang disisi lain dia dulu sangat mencintai pacarnya tersebut. Semua dia lakukan hanya untuk pacarnya. Sampai suatu ketika Bunga menyadari bahwa sang Ibu selalu menangis dikala ingin tidur larut malam.  Dulu Bunga ingin sekali orang tuanya menyetujui hubungannya itu.  Bunga yang dengan sifatnya yang amat keras kepala yang menginginkan semua itu terjadi tanpa harus ada yg disakiti.

Walaupun dilanjutkan juga hubungannya itu tidak akan mulus. Pasti akan ada aja pertengkaran dari yang sepele hingga masalah besar. Bukannya menjalani hubungan itu bertujuan untuk saling membahagiakan dan bertumbuh satu sama lain? Bukannya saling menyakiti atau merasa tersakiti. Jadi  Bunga putuskan untuk menghentikan hubungan ini dan telah disetujui oleh kedua belah pihak.

Berat. Iya awalnya terasa berat. Berat sekali Bunga menjalani kehidupan seperti biasanya. Tapi semuanya itu bisa dilaluinya apabila dijalani dengan ikhlas dan bersyukur. Bunga pun termenung kembali. Ada kejadian yang sangat teramat dahsyat yang dia alami seumur hidupnya. Bunga menentang dan merasa seperti orang bodoh. Menangis dan berteriak yang hanya bisa dia lakukan. Mungkin bisa dibilang air matanya sudah banyak dia keluarkan. Pikirannya pun menjadi tidak stabil. Sering marah, sensitif dan mudah emosi. Bunga terus berdoa minta petunjuk Tuhan. Bercerita kepada saudara dan sahabat terdekat dan betapa bahagianya Bunga karna ternyata banyak orang yang perhatian dengannya dan dia tidak merasa sendiri. Ya akibat kejadian yang dahsyat itu mungkin Bunga telah dibukakan mata hatinya yang paling dalam bahwa kebahagian orang tua itu yang amat teramat penting. Bersyukur dia bisa merasakan kejadian yang dahsyat itu yang merupakan dampak dari kisahnya itu. Akan tetapi Bunga berjanji tidak akan pernah lagi dia mengulang kejadian itu. Bersyukur berkat kejadian itu Bunga dan orang tuanya menjadi sangat amat dekat.

Saat itu ada tekatnya untuk tidak mau membuka pintu hatinya untuk orang lain. Trauma. Ya dia trauma akan kejadian yang telah dia alami sebelumnya. Bunga yang sangat cuek dan anti sekali untuk berkenal atau bertemu dengan orang baru.  Menyendiri di kamar dan menangisi yang telah terjadi yang hanya bisa dia lakukan. “Ya Tuhan, sampai kapan aku harus begini?” gerutunya dalam hati. Bunga berkata lagi dalam hati "jika nanti ada seseorang yang dapat memberiku kebahagiaan aku berjanji tidak akan mau berhubungan lagi dengan masa kelamku. ya aku janji mau bagaimana pun caranya"

Pesan Blackberry Messanger Bunga pun berbunyi tanda ada satu pesan masuk. Seorang pria yang sangat asing sekali. Bunga pun mengabaikannya bahkan di End Chatnya tanpa harus dibaca atau dia balas hanya seperlunya saja. Namun tetap saja pria tersebut tidak lelah untuk terus mengirimkan pesan dan Voice Note. “Apa-apaan sih nih orang” gerutu Bunga dan terus mengabaikan pria tersebut hingga beberapa minggu. Ada seminggu pria tersebut tidak mengirimkan pesan kepada Bunga. Namun tiba-tiba pria tersebut kembali mengirimkan pesan. Bunga pun kemudian membalasnya. Pria tersebut mengirimkan sebuah Voice Note yang membuat hati Bunga tersentuh sedikit. “kalau gue terus-terusan begini, mau sampai kapan? Mau sampai kapan gue galau ga jelas begini?”  gumam Bunga kembali. Bunga pun membalas Voice Note tersebut yang isinya tentang lagu-lagu. Mencoba untuk sedikit membukakan hatinya. Sampai suatu ketika perkenalan Bunga dan pria tersebut berlanjut dengan komunikasi melalui telefon. Setelah mencoba mengenal pria itu, ternyata pria itu pun sangat asyik sekali untuk diajak berbicara. Gaya bicaranya yang sopan, humoris, jahil, dan sangat bawel. Pria tersebut lah yang bisa menyeimbangin Bunga yang sangat pendiam dan pemalu. Bunga sudah dapat mengenal pria tersebut selama 2 bulan dan Bunga sangat nyaman. Bunga berharap pria tersebut bisa mengobati segala kesedihan dan menghapus air mata yang sudah dia lakukan selama ini. Pria tersebut yang mau mendengarkan segala kegiatannya seharian ini. Pria tersebut mampu membuat Bunga yang sangat tertutup dan akhirnya mau belajar untuk lebih sedikit terbuka. Malam hari adalah saat yang dia tunggu karna saat itulah dia dan pria tersebut bertukar cerita. Walaupun Bunga terkadang pendiam tapi pria itu mampu membuat Bunga tertawa dan suasana kembali tidak hening. Pria tersebut yang sangat dewasa, sayang dengan keluarga, pekerja keras dan takut akan Tuhan yang bisa Bunga nilai tentang pria tersebut. Malam hari adalah saat-saat yang penuh dengan tawa setelah seharian bekerja. Bahkan disaat Bunga badmood pun pria tersebut mampu mengubahnya dengan canda dan tawa. Lantunan suaranya yang merdu pun yang mampu meluluh lantakan hatinya.

Jarak kami pun bisa dikatakan tidak dekat. Tapi Bunga selalu mengatakan “akan kutunggu kau di Jakarta” dan pria itupun berjanji akan segera datang dan menemuinya. Bunga akan terus bersabar karna apabila dia sudah nyaman dengan seseorang dia akan melakukan apapun. you’re the only
one that I’ve waited for”
gerutu Bunga.  Ya Bunga akan menunggunya. “Kalau memang Tuhan sengaja mengirimkan dia untuk menggantikan air mataku dengan kebahagiaan, tolong biarkan aku mengejar kebahagiaan itu.” Gumam Bunga kembali.

Adrian Martadinata - Ku Ingin Kau Tahu

Selama Aku pergi...
ku akan mengingatmu...
tak hanya sementara...
selalu dan selalu...

ku rindukan senyumu..
untukku disini...

ku ingin kau tau meskipun ku jauh
kau ada di hatimu...
ku ingin kau tau meskipun kau jauh
kau tetap milikku...
selamanya...

ku bernyayi untukmu...
untukmu yang kurindukan...
tetaplah setia menungguku...
kan kembali...

ku ingin kau tau meskipun ku jauh
kau ada di hatimu...
ku ingin kau tau meskipun kau jauh
kau tetap milikku...
selamanya...


Bunga yang tidak bisa lepas dengan pikiran-pikiran negatif yang membuatnya terus berpikiran negatif. Salah sekali apabila dia tulus tapi Bunga tetap saja dengan pikiran negatifnya. Tapi Bunga berjanji akan segera mengubahnya dan percaya kalau pria itu tidak seperti dengan pria lainnya. Ya terkadang tidak mau banyak berharap. Tapi dia terus berdoa, minta petunjuk Tuhan untuk diberikan jalan yang paling terbaik. “Apabila harapanmu tidak sesuai dengan apa yang kamu ingini, percaya bahwa rencana Tuhan lah yang terindah”


Adrian Martadinata - Ajari Aku

Ajari aku ’tuk bisa
Menjadi yang engkau cinta
Agar ku bisa memiliki rasa
Yang luar biasa untukku dan untukmu

Ku harap engkau mengerti
Akan semua yang ku pinta
Karena kau cahaya hidupku, malamku
‘tuk terangi jalan ku yang berliku
Hanya engkau yang bisa
Hanya engkau yang tahu
Hanya engkau yang mengerti, semua inginku
[ajari aku 'tuk bisa mencintaimu]
[ajari aku 'tuk bisa mengerti kamu]
Mungkinkah semua akan terjadi pada diriku
Hanya engkau yang tahu
Ajari aku ’tuk bisa mencintaimu 



Tidak ada yang salah apabila kita mencoba sedikit untuk membuka pintu hati untuk orang lain dari kelamnya masa lalu. Belajar mengenal sosok orang lain lagi dan mengubah segala sifat buruk yang pernah kita lakukan di masa lau. Dan jangan sesekali menengok kebelakang. “Kalau saja cinderella kembali mengambil sepatu kacanya, mungkin dia tidak akan bertemu dengan pangerannya” itu semua butuh proses tapi pasti akan sukses dan dapat mendapatkan kebahagiaan yang layak dan sesungguhnya dengan tetap berdoa, usaha, sabar, percaya dan setia.